Selasa, 11 September 2018

Jadilah Orang Kreatif

Resensi Buku

Jadilah Orang Kreatif




“ Agar menjadi tak terkalahkan, seseorang harus selalu menjadi berbeda” – Coco Chanel

Kreativitas adalah kata kunci yang tetap relevan baik dulu, hari ini, maupun di masa datang.  Kehadiran kreativitas selalu beriringan dengan kehadiran masalah. Semakin banyak masalah, maka semakin banyak pula kreativitas yang dihasilkan. Mencari ide kreatif di tengah dunia yang sibuk, super kompetitif, dan penuh tekanan apapun kondisinya, tidaklah mudah. Oleh karena itu, orang-orang kreatif selalu dinilai dengan harga yang mahal, baik dalam bentuk uang maupun jabatan mentereng.
   Buku ini membantu pembacanya untuk mempelajari berbagai cara menjadi orang kreatif yang dapat mengatasi masalah. Yaitu mengajak kita menggali kebijaksanaan dan ilmu kreativitas dari tiga karakter penting, yaitu: Para Penjelajah/Peneliti (The Explorer), Para Kesatria (The Warrior), dan Orang Suci (The Saint). Sepanjang bab memaparkan kisah-kisah inspiratif yang mewakili masing-masing karakter tersebut.
   The Explorer adalah orang yang suka mencari tahu hal-hal baru. Umumnya, seorang explorer, atau sang peneliti mengingatkan kita pada “Dora the explorer” atau Indianan Jones. Mereka menggunakan cara berpikirnya untuk menemukan rute atau solusi menuju tempat misterius. Sedangkan The Warrior biasanya adalah seorang ksatria dan pendekar, yang memiliki karakteristik “hati teguh” dan pantang menyerah dan harus dimilki setiap orang kreatif. The Saint merupakan wujud dari orang suci dan guru spiritual. Mereka menghindari konflik dan berusaha mencari solusi lewat sepinya pertapaan mereka.
   Cara berpikir kreatif kita sebenarnya memiliki karakter tertentu, karakter yang bisa mewakili dalam bentuk “meneliti, meneguhkan hati, dan berkontemplasi”. Namun sebenarnya, kita  memiliki sekaligus tiga karakter tersebut dalan diri kita, dan siap diaktifkan kapanpum kita mau sesuai dengan masalah yang kita hadapi.
   Bab pertama hingga bab paling akhir buku ini berbentuk contoh kasus bagaimana The Explorer, The Warrior dan The Saint mewujud dalam keseharian kita yang haus ide-ide cemerlang. Kita bisa menyerap inspirasi dari ciri unik ketiga karakter tersebut seperti rasa ingin tahu yang dalam, ketangguhan mempertahankan dan mewujudkan ide-ide kreatif, serta hasrat untuk menarik diri dari dunia untuk menyerap energi kreativitas dari sumber-sumber yang tak terduga.
Buku yang sangat menarik. Dengan gaya bahasa yang sederhana dan orisinal, namun menginspirasi.  Semoga kita bisa menjadi orang kreatif penuh dengan ide dan gagasan maju,  dengan cara-cara sederhana seperti yang dipraktekkan oleh para penjelajah, kesatria, dan orang-orang suci.

RESENSI BUKU

JUDUL              : Jadilah Kreatif Apapun Masalahnya
PENULIS          : Jubilee Enterprise
PENERBIT       : PT. Elex Media Komputindo
TAHUN            : 2018

Peresensi : Baldwine Honest
Dimuat di haruan Tribun Kaltim, 03 Juni 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar