Selasa, 11 September 2018

Belajar Menurut Potensi Genetik


 Resensi Buku
Belajar Menurut Potensi Genetik


Belajar adalah kewajiban semua kalangan. Belajar akan menuntun kita ke jendela masa depan yang lebih luas. Namun terkadang untuk memulai belajar banyak mengalami kesulitan.  Penyebab kesulitan belajar bagi anak adalah, pertama dari segi faktor internal dan eksternal, dan kedua dari segi tahapan belajar. Faktor internal adalah  kondisi anak itu sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah faktor lingkungan di sekitar anak. Pada tahapan belajar, ada tiga tahapan penting yang harus diselesaikan agar belajar tidak mengalami kesulitan, yaitu sebelum belajar, selama proses belajar dan sesudah belajar.
Lalu bagaimana solusi yang tepat sehingga kesulitan belajar tersebut bisa diatasi ? Salah satunya adalah dengan membaca buku “Cara Belajar Gue Bangeeeettt” ini.  Menjelaskan bahwa kesulitan belajar bisa diatasi apabila kita masing-masing mengenal kecerdasan dan potensi genetik kita dengan konsep STIFIN.  Konsep STIFIN ditemukan oleh Farid Poniman.
Setiap manusia memiliki potensi ibarat permata. Permata dalam diri setiap manusia dibahasakan sebagai konsep Mesin Kecerdasan. Mesin Kecerdasan tersebut meliputi Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting (STIFIN).  Korelasinya dengan belajar adalah, dengan mengetahui potensi genetic anak melalui STIFIN akan bisa memaksimalkan bakat alamiah atau cara belajar yang sesuai. Beda anak, beda mesin kecerdasan dan beda potensi genetic, pasti beda pula cara belajarnya.
Untuk mengetahui cara kerja STIFIN dan bagaimana cara mengetahui mesin kecerdasan bagi anak, langkah konkretnya adalah dengan melaksanakan Test STIFIN. Test STIFIN adalah test yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh jari dengan waktu yang tidak lama. Selain Mesin Kecerdasan, kita juga akan mengetahui lapisan dominan otak yang mengemudikan Mesin Kecerdasan, yaitu introvert dan ekstrovert. Sehingga ditemulan Personality atau kepribadian anak.
Buku ini menjelaskan secara detail teori dengan contoh ilustrasi kasus kesulitan belajar anak setiap masing-masing Mesin Kecerdasan dan Potensi Genetik sehingga mudah diaplikasikan dan efektif, Salah satu contoh, untuk membangun persiapan bagi kita atau anak kita yang memiliki Mesib Kecerdasan Sensing akan berbeda cara aplikasinya pada Mesin Kecerdasan Thinking, Feeling, Intuiting dan Insting. Maka aplikasinya harus disesuaikan pada Mesin Kecerdasan dan Potensi Genetik sehingga memudahkan dan menghasilkan yang terbaik.

RESENSI BUKU

JUDUL  : Cara Belajar Gue Bangeeeettt
PENULIS          : Ibay Toyyibah, M.Pd
PENERBIT       : PT Elex Media Komputindo
ISBN                 : 978-602-04-4759-7
Cetakan Kedua Februari 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar