Jumat, 20 Juli 2018

RUSIA DALAM KARYA SASTRA

 RESENSI BUKU 

            Belajar tentang sastra itu menarik. Bukan hanya tentang kesusastraan Indonesia, namun juga kesusastraan negara lain. Contohnya, Rusia. Buku “Antologi Cerpen RUSIA”  bisa merepresentasikan perkembangan kesusastraan di Rusia dan juga kondisi masyarakatnya, mulai awal abad XIX hingga masa Perang Dunia I dan masa Revolusi. Antologi cerpen ini kumpulan  dari 10 penulis Rusia yaitu Pushkin, Gogol, Tolstoy, Korolenko, Chekov, Chirikov, Andreyev, Kuprin, Gorky dan Sologub.  
            Beragam perspektif dan gaya, mulai dari Pushkin yang romantic, Gogol dengan tragedinya, Tolstoy yang bijak, Chekov yang penuh satir jenaka nan pahit, Korolenko yang sentimental, hingga Gorky yang realis, kesemuanya menunjukkan dalamnya pemahaman, simpati, dan kepekaan mereka terhadap jiwa dan karakter orang Rusia.
            Buku ini diawali dengan kisah terkenal berjudul “Sang Ratu Sekop” (The Queen of Spader), salah satu cerita pendek terbaik Pushkin, seorang penyair dan prosais terbesar Rusia (1799-1837). Cerita ini menjadi mutiara kesusastraan romantic Rusia, yang penuh imajinasi. Latar belakangnya sangat realistis, menggambarkan kehidupan nyata masyarakat kelas menengah di bawah Alexander I.
            Kisah selanjutnya adalah dari Nikolai Gogol (1809-1852) dengan judul “Mantel Kematian: (The Cloacks)  yang menggambarkan tragedy keprihatinan orang Rusia yang dihancurkan oleh campur tangan kekuasaan Tsar. Tokoh utama kisah ini adalah pegawai pemerintah tingkat rendahan, yang kehilangan seluruh kepribadiannya dibawah kekuasaan tirani rezim birokratis yang begitu berkuasa dan tidak berperikemanusiaan. Namun tulisan Tolstoy (1828-1910)  dalam Cerpennya “Si Tua Korney Vasiliev” lebih melihat segalanya baik dan sangat bijaksana.
            Diantara para penulis tersebut, yang sangat ramah dan sentimental adalah Vladimir Korolenko. Dalam kisahnya di buku ini “Gemerisik Suara Hitan “ (The Musmuring Forest) adalah kisah yang paling indah. Alam semesta dan eksistensi penuh dengan keselarasan.
            Situasi, tipe, subyek ruang digambarkan para penulis di buku ini sekarang hanya merupakan bayangan masa lalu yang sirna oleh Revolusi Rusia. Meskipun demikian, karya mereka tetap ada sepanjang masa.


            DATA BUKU :

JUDUL           : ANTOLOGI CERPEN RUSIA
Pushkin, Gogol, Tolstoy, Korolenko, Chekov, Chirikov, Andreyev, Kuprin, Gorky dan Sologub.

Diterjemahkan dari Buku : Russian Short Stories,     
Penerjemah : Toni Setiawan
Penerbit       : Narasi - Pustaka Promothea
Cetakan kedua, 2017

Peresensi     : Baldwine Honest Gunarto
Dimuat di Tribun Kaltim, Minggu, 17 Desember 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar