Senin, 02 Juli 2018

MENJADI PRIBADI YANG DIRINDUKAN

Resensi Buku



              Ada sebuah ungkapan yang mengatakan : “Punya musuh satu itu sudah terlalu banyak, dan memiliki sejuta teman itu masih terlalu sedikit”. Inilah yang menginspirasi Dwi Suwiknyo, pengelola Pesantran Penulis, mengajak pembaca menjadi pribadi yang menyenangkan lewat buku yang berjudul “Cara Mudah Memikat hati Orang Lain”. Menurutnya indahnya hidup itu sangat tergantung bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain. “Ketika kita menyayangi orang lain, pasti Allah akan menyayangi kita. Jika kita menolong orang lain, pasti Allah akan menolong kita”.
            Hidup semakin berwana bila kita berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan bersahabat dengan orang lain sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup. Meskipun dalam setiap pergaulan akan selalu muncul like and dislike, kita masih punya waktu agar kita bisa menjadi pribadi yang dicari-cari dan dirindukan banyak orang. Kita harus mengerti posisi kita dalam kacamata oranglain.
            Lalu bagaimana agar disukai orang lain?, Dwi memamaparkannya ke dalam 3 bagian. Bagian pertaman, diulas tentang kemampuan dalam berbicara. Ini penting karena bicara adalah bagian dari komunikasi dan menjadi pusat perhatian orang lain. Dwi menyebutnya rumus 6 B, yaitu Berkata benar, Berkata fasih, Berkata baik, Berkata hormat, Berkata lemah lembut dan Berkata pantas. “Kata-kata yang baik adalah sumber kebaikan hidup”
            Bagian kedua menjelaskan bahwa salah satu keberhasilan dalam hidup ini adalah kemampuan untuk mengontrol diri, terutama saat berhubungan dengan orang lain. Disini Dwi memakai rumus 5 S sebagaimana direkomendasikan oleh AA Gym. Yaitu Senyum. Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Kelimanya perlu menjadi penyeimbang bagi kelancaran kita dalam mengamalkan enam etika berkata di bagian satu.
            Bagian terakhir mengulas tentang proses keberhasilan bersahabat yang ditentukan di awal perkenalan.Dwi merangkumnya dalam rumus 4 T, yaitu Taaruf, Tafahum, Takaful, dan Teladan. Ke empatnya adalah tingkatan yang semestinya selalu terlewati saat kita berhubungan yang lebih harmonis dengan orang lain.
            Setiap bagian ada contoh-contoh kisah inspiratif, dan didasarkan pada ayat-ayat  Al Quran dan Hadits. “Berusahalah untuk bisa menang tanpa membuat orang lain merasa kalah”. Sungguh ini buku yang cocok kita baca saat Ramadhan, saat kita berusaha untuk berubah dan memperbaiki diri.

RESENSI BUKU :
PERESENSI                : Baldwine Honest Gunarto
JUDUL                       : CARA MUDAH MEMIKAT HATI ORANG LAIN
PENGARANG           : DWI SUWIKNYO
PENERBIT                 : PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
TAHUN                      : 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar