Minggu, 01 Juli 2018

HUJAN DAN KENANGAN

RESENSI BUKU


             Hal pertama yang membuat buku ini menarik untuk dibaca adalah dari judul, gambar cover, dan puisi yang ada di sampul belakang buku. Sangat unik dan puistis.   “Remember Rain, Selalu ada kisah di setiap tetesannya” demikian judul novel dari penulis muda asal Lampung, Jihan Nur Pratiwi. Gambar gadis  memegang payung sambil menatap hujan, tampak di sampul depan, seolah berkata lewat puisi 4 bait yang ada di belakang sampul. “…. Aku tergabung dalam tetesan hujan itu. Meresapi hatimu yang tak pernah kumiliki. Aku ada di sini. Kita di sini di hujan yang berbeda…”
            Novel ini menceritakan tentang cerita roman remaja biasa, cerita anak SMA yang berlokasi di Jakarta. Amat sangat biasa, dengan tokoh utama Kennia Arlin, anak kelas 1 SMA  dan Desbilo, kakak kelasnya Ketua MPK yang ganteng, namun galak.
 Keduanya bertemu secara tidak sengaja di saat Kennia menunggu temannya Belinda belanja. Motor Bilo menyerempet tas belanjaan Ken, dan karena marah Ken menampar Bilo, kemudian lari.  Saat di sekolah, barulah Ken tahu kalau cowok yang menyerempet motor itu adalah kakak kelasnya. Bilo yang  awalnya masih marah ke Ken, lama kelamaan kemudian jatuh cinta. Namun Bilo sudah punya pacar, Rania, anak kelas 2 yang cantik namun judes. Menurut Bilo, dia harus jadian sama Rania karena  membalas jasa Rania yang telah menolongnya waktu kecil. Di akhir cerita, ternyata Bilo baru tahu bahwa anak yang menolongnya waktu kecil bukan Rania, namun Kennia, terbukti dari gelang yang ditemukan Bilo waktu kecil tertanda nama Kennia.  Cerita yang sederhana dan bisa ditebak. Gaya bahasanyapun a la remaja, karena penulisnya yang masih remaja.
Yang menjadi kekuatan adalah kemampuan  penulis mendeskripsikan keadaan di sekelilingnya. Juga saat menceritakan bahwa dalam hujan ada kenangan-kenangan yang tak terlupakan.
Buku ini boleh saja dibaca siapa saja, terutama remaja, walaupun ada beberapa hal yang tidak masuk akal, dan tidak boleh ditiru, misalnya tentang membolos. Kalau  sekedar untuk menambah wawasan, kosa kata maupun mengisi waktu luang, tidak ada salahnya membaca buku novel sederhana ini.

Penulis       : Jihan Nur Pratiwi
Penerbit     : Euthenia, Jakarta
Cetakan     : 2015
ISBN          : 978-602-1010-44-0
Halaman     : 198 halaman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar