Senin, 02 Juli 2018

KARENA PEREMPUAN INGIN DIMENGERTI

Resensi Buku


             Kesan lemah lembut yang melekat pada diri seorang perempuan memang terlihat jelas. Namun kaum hawa ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Kekuatan untuk mengurus keluarga, selalu tersenyum meskipun hatinya bersedih, berusaha menjaga diri demi kehormatan pasangannya, bahkan seorang perempuan rela untuk menikah dan menjadi istri yang berbakti meski awalnya tidak memiliki rasa cinta.
            Ini adalah garis besar dari buku yang berjudul “Peyempuan “ ini. Buku yang ditulis oleh sebuah akun twitter @peyemp, yang memiliki puluhan ribu followers. Akun yang selalu berkicau masalah perempuan.
Buku ini mencoba untuk mengungkapkan sisi lain dari seorang perempuan dari sudut yang berbeda. Yang menceritakan tentang kekuatan dan keistimewaan dari kelemahan dan kelembutannya.
Sepuluh kicauan, beserta cerita pendukungnya mengawali lembaran-lembaran buku ini. Bahasa yang dipergunakana adalah bahasa santai dan gaul, sehingga nyaman dibaca oleh pembaca dari usia remaja sampai dewasa . Misalnya di halaman 30, ada kicauan, yang bertuliskan huruf tebal “ Seberapapun kuatnya perasaanmu, jangan sampai mengalahkan logikamu”. Kemudian dilanjutkan dengan cerita dan nasehat untuk pembacanya. Dalam menjalin sebuah hubungan, harus  ada kebahagiaan dan saling percaya. Perempuan memang makhluk yang menggunakan perasaan secara dominan, sedangkan laki-laki makhluk yang selalu meggunakan logikanya. Namun bukan berarti seorang perempuan tidak bisa menggunakan logika dan laki-laki tidak memiliki perasaan, dalam sebuah hubungan yang serius.
Di bab berikutnya adalah kumpulan beberapa cerita pendek yang menarik. Tentang hijab, hubungan cinta, pernikahan, sampai ke peran ibu. Dilanjutkan 10 puisi tentang perempuan. Halaman penutup adalah foto-foto dari para follower @peyemp.
Buku ini cocok dibaca oleh perempuan, untuk bisa menambah wawasan tentang diri mereka. Cocok juga untuk dibaca laki-laki agar lebih memahami masalah perempuan.
Memang buku ini tidak 100% mewakili seluruh karakter perempuan, namun bukankah memang tidak ada yang benar-benar tahu tentang isi hati mereka?... Karena perempuan ingin dimengerti….

Oleh  : Baldwine Honest

JUDUL           :  PEYEMPUAN
PENULIS       : @peyemp
PENERBIT     : TransMedia Pustaka
Cetakan kelima 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar